Monday, October 3, 2011

The beginning / part one

Halo semua, saya Handy, pemain bass dari Soulvibe. Saya personil Soulvibe pertama yang akan menulis di jurnal ini secara personal. Di minggu ini saya akan menceritakan kronologis, cikal bakal dan evolusi secara detail terjadinya sebuah band bernama SOULVIBE dari sudut pandang saya. Mari kita mulai…..

Beberapa tahun jauh sebelum SOULVIBE terbentuk ; )

Pada tahun 2000 saya mempunyai cita-cita jangka panjang untuk membuat band yang idealis bagi para personilnya namun komersil untuk dijual. Entah mengapa pada saat itu saya yakin bahwa racikan musik POP dengan Soul, RnB, Funk, Acid Jazz dan sedikit rock akan mempunyai tempat dan penggemar sendiri suatu saat di Indonesia. Semenjak saat itu pencarian personil dimulai.

Saya masuk SMA Al-Azhar Pusat 3 di tahun 2001, pilihan yang tepat, karena disini banyak musisi berbakat. Di sekolah ini saya mengenal seorang drummer bernama Bayu, ternyata kami satu sekolah musik namun tidak saling kenal. Sebelumnya band saya pernah berbagi panggung dengan bandnya yang bernama Black Coffee, kebetulan saya memang sangat menyukai permainan drum Bayu dan jenis suara salah satu vokalis band Black Coffee itu. Di Al-Azhar saya dan bayu beserta beberapa teman lainnya membuat band sekolah yang sering mewakili sekolah kami. Saya dan Bayu mempunyai selera musik yang sama, hal mempermudah saya untuk berinteraksi secara musik dengan dia.

Sampai di suatu hari Bayu memutuskan untuk berhenti bermain Drum dan banting setir menjadi seorang vokalis. Saat itu saya langsung mengkontak seorang drummer rock dari SMA Al-Azhar Pusat 1 bernama Caesar. Sejak pertama melihat Caesar main saya langsung jatuh hati dengan permainan drumnya yang nger-rock namun sangat nge-groove. Kami bertiga (Saya, Bayu dan Caesar) beserta beberapa teman lainnya mewakili SMA Al-Azhar Pusat di sebuah kompetisi band SMA bertaraf nasional yang diadakan oleh salah satu televisi. Hasilnya kami mendapat juara 1 di kompetisi itu. Saya pribadi pun langsung mengajak Bayu dan Caesar untuk membuat sebuah band sendiri dengan konsep musik RnB Soul. Pencarian personil lainnya terus berjalan.

Tahun 2002 saya bertemu kembali dengan Asa, teman lama saya, kami satu sekolah waktu SD. Pertemuan itu terjadi saat band saya saat itu, Funushi mencari gitaris additional untuk beberapa show kami. Kebetulan Asa bersedia membantu band saya saat itu. Diluar band saya, kami sering melakukan jam session. Langsung saya ajak Asa untuk bergabung ke band saya bersama Bayu & Caesar.







Saya mengkontak seorang pianis/keyboardis jazz yang saya kenal di sekolah musik Farabi. Sri Hanuraga atau dipanggil Aga, pianis jazz muda terbaik saat itu di Jakarta. Awalnya saya agak ragu mengajak dia karena saya tidak yakin dia mau bergabung, karena konsep band yang kami buat itu memainkan musik Rnb Soul. Tapi saya nekat menelfon Aga dan mengajak dia bergabung, ternyata Aga tertarik dan langsung meng-iya-kan ajakan saya. Sekarang band kami sudah mempunyai 5 personil.

Dari obrolan dengan Bayu mengenai konsep 3 vokalis, saya menanyakan ke Bayu tentang vokalis band Black Coffee yang ternyata bernama Rizqi a.k.a Abenk. Ternyata Bayu pun berpikir hal yang sama, hari itu juga Bayu langsung mengkontak Abenk dan mengajak dia bergabung. Kesulitannya adalah Abenk bersekolah di Bandung, hal itu membuat dia mempertimbangkan tawaran itu selama beberapa hari. Sementara itu, saya menghubungi teman lama saya yang tinggal di Bandung. Ouvan, seorang penyanyi RnB yang cukup terkenal di kalangan anak muda Bandung. Saat saya hubungi dia langsung setuju bergabung dengan band kami dan dia rela bolak balik Bandung-Jakarta jika kami ada manggung di Jakarta. Beberapa hari kemudian Bayu memberi kabar kalau Abenk setuju bergabung dengan band kami. Sekarang semua sudah komplit, 7 personil dalam 1 band.

Pertemuan pertama secara lengkap saat itu terjadi sekitar bulan Juni tahun 2003 di Kafe Tenda Semanggi. Bagi saya ini proses yang lucu, karena band ini terjadi seperti perjodohan. Beberapa orang belum saling kenal tapi sudah sepakat ngeband bareng. Pertemuan pertama ber-agenda menyepakati konsep band dan nama band, selebihnya layaknya orang PDKT, mengobrol demi menyambungkan chemistry. Hari itu tercipta sejarah bagi kami bertujuh. Telah lahir sebuah band RnB/Soul/Hiphop/Acid Jazz baru beranggota Ramadhan Handy (Bass), Bayu Adiputra (Vocal), M.Caesar Rizal (Drum), Adhika Satya (Guitar), Rizqi Rizaldi (Vocal), Sri Hanuraga (Keyboard), Ouvan Rahmat (Vocal) yang diberi nama NUSIEVEN

Sulit untuk menemukan foto-foto saat masih bermain sebagai Nusieven, namun
ini foto saat kami bermain di salah satu prom night, dalam formasi yang cukup awal.
Lumayan untuk bernostalgia ; )



BERSAMBUNG……

2 comments: